Mahasiswa Jurusan Teknik Listrik Industri POLTERA mengikuti ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII 2022

Mahasiswa Jurusan Teknik Listrik Industri POLTERA mengikuti ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII 2022

Kecintaannya pada olahraga panjat tebing dimulai sejak dia bergabung di gaspala (gabungan siswa pecinta alam) sewaktu duduk dibangku SMA. Dia beserta teman-temannya yang tergabung di sispala berinisiatif dan ingin memiliki papan atau dinding panjat sendiri yang berada di sekolahnya. Namun keinginan itu tidak terwujud karena waktu itu di Sampang belum ada cabang olahraga panjat tebing dan cabor panjat tebing tidak dilombakan.

Azis dan teman-temannya tidak patah semangat, dia tetap berusaha agar di kabupaten Sampang ini ada organisasi untuk cabang olahraga panjat tebing dan cabor panjat tebing nantinya bisa dilombakan. Pada tahun 2019 dibentuklah cabor panjat tebing yang pengurusnya atlet-atlet siswa SMA, saat itu pengurusnya adalah gabungan dari atlet-atlet SMA 3 Sampang dan Poltera  dan pada akhirnya terbentuklah organisasi federasi panjat tebing indonesia (FPTI) Sampang pada tanggal 20 Juli 2019.

Awal terbentuknya FPTI Sampang,  FPTI Sampang belum mempunyai wall climbing sendiri, jadi untuk latihan panjat tebing mereka memanfaatkan tembok dinding rumah warga yang tingginya kurang lebih 4 meter dan tembok itu ada benjolan atau lekukan semen yang bisa digunakan untuk pegangan sehingga bisa digunakan untuk latihan memanjat. Untuk pertama kalinya Azis dan teman-temannya latihan memanjat di papan panjat atau wall climbing  di  UNIRA.

Pada masa perkuliahan di POLTERA, Azis bergabung di mapala (mahasiswa pecinta alam) POLTERA. Awal-awal kuliah untuk sementara Aziz vakum dalam latihan panjat tebingnya karena fokus pada perkuliahannya, ini berlangsung selama 2 semester. Di semester ke 3 baru diminta untuk aktif lagi latihan panjat tebingnya untuk persiapan lomba porprov. Untuk porprov ini kabupaten Sampang mengadakan seleksi atlet untuk diikutsertakan mewakili sampang pada cabor panjat tebing, dan Alhamdulillah Azis lulus seleksi.

Sebelum mengikuti lomba PORPROV, Azis mengikuti lomba di UNIRA yang namanya MUCC (Mahapala Unira Climbing Competition), dalam lomba tersebut Azis berada di tingkat 11 dan berhasil masuk semifinal. Di semifinal Azis berada di tingkat 11, berhubung hanya peringkat 8 yang lolos, jadi Azis belum berhasil masuk final. Setelah mengikuti lomba di Unira, Azis lebih giat lagi dalam berlatih panjat tebingnya, khususnya lebih fokus pada kategori speed, karena untuk porprov Azis berlaga di kategori speed classic dan speed world record.

Sebagai atlet FPTI Sampang dan mahasiswa POLTERA, Azis optimis untuk bisa juara di ajang porprov ini. Dalam waktu dekat ini Azis juga akan mengikuti PORSENI di Banjarmasin sebagai perwakilan dari Politeknik Negeri Madura yang berlaga di kategori speed classic. Semoga di porseni nanti, Azis bisa mendapatkan juara dan mengharumkan nama kampus POLTERA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.