Mahasiswa TLI Mewakili Kabupaten Sampang Dalam Lomba INOTEK Di Jawa Timur

Mahasiswa TLI Mewakili Kabupaten Sampang Dalam Lomba INOTEK Di Jawa Timur

Atok Ulloh (33112002023), Syafiuddin (33112001003) dan Ajeng Najihah (33112001011) adalah mahasiswa dan mahasiswi Jurusan Teknik Listrik Industri Politeknik Negeri Madura asli Sampang. Mereka mengikuti lomba Sampang Berkreativitas dan Inovasi atau bisa disebut SABERNOVA kategori Umum. Lomba ini mereka ikuti pada Bulan April Tahun 2022 dan dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu dimulai dengan pendaftaran proposal, seleksi proposal untuk menentukan 10 nominasi, kemudian dilanjutkan presentasi dan evaluasi untuk dipilih 5 nominasi.

Keikutsertaan mereka berawal dari motivasi Dosen wali mereka di Semester 4A (Nurir Rohmah), yang memberikan dorongan kepada anak walinya untuk berani membuat kreasi dan inovasi baru yang dapat membantu banyak orang, motivasi ini juga ditambah dengan adanya keinginan memberikan “tantangan” pada diri sendiri, sejauh mana mereka dapat berkreasi dan berinovasi.

Dengan inisiasi dari Atok Ulloh, Tim ini sepakat untuk berpartisipasi dalam lomba Sabernova dengan judul “Traktor System Control Remote Berbasis Arduino”. Dipilihnya topik tersebut karena banyaknya masyarakat di sampang yang menggunakan traktor dalam pekerjaan di sektor pertanian, mereka ingin membantu masyarakat untuk mempermudah pekerjaannya.

Dalam project Sabernova ini Jurusan Teknik Listrik Industri memilih Dosen Pembimbing untuk membantu mahasiswa/mahasiswi ini dalam proses pengerjaanya, yaitu Mohammad Nur. Dengan bimbingan dari beliau, mereka mulai menyiapkan proposal pengajuan untuk penyisihan Tahap 1. Hasil dari pada Penyisihan tahap awal ini mereka mendapat urutan ke 9 dari 10 nominasi yang terpilih maju ke tahap selanjutnya.

Semangat yang semakin terpacu, mereka mulai menyiapkan presentasi Tahap 2. Presentasi dilaksanakan di Kantor Pemerintah Kabupaten Sampang, dengan menunjukan video pengoperasian Traktor menggunakan remote serta membawa kontroler dari traktor tersebut sebagai bahan presentasi. Pada Tahap kedua ini mereka berhasil masuk dalam nominasi 5 besar dan berada di urutan ke 3. Alat yang mereka buat ini juga merupakan salah satu alat dipilih untuk mewakili Sampang di Lomba Inotek yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Banyak hal yang mereka lewati membuat mereka tidak menyangka bisa dapat melaju sejauh ini. Dengan banyaknya keterbatasan, sulitnya proses perealisaian project dapat mereka lewati satu persatu dengan baik. Usaha yang pantang menyerah membuat mereka berhasil di titik ini. Seperti pesan dosen pembimbing project ini “Pencapaian yang didapat saat ini bukan membuat kalian untuk bersantai. Tapi gunakan untuk bersyukur dan melanjutkan perjalanan.  Selalu lakukan segala sesuatu secara maksimal maka hasilnya pasti yang terbaik, juara hanya bonus.”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.