DEMONSTRASI ALAT TUGAS AKHIR MAHASISWA TLI DALAM PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA

DEMONSTRASI ALAT TUGAS AKHIR MAHASISWA TLI DALAM PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Selasa 26 Juli 2022 bertempat di Hall Gedung A Politeknik Negeri Madura, Jurusan Teknik Listrik Industri menggelar demonstrasi hasil karya tugas akhir mahasiswa dalam rangka untuk melanjutkan kegiatan sidang Tugas Akhir yang telah dilaksanan pada tanggal 21-22 Juli 2022 lalu. Alat yang didemonstrasikan oleh mahasiswa merupakan hasil akhir dari Tugas Akhir mereka selama semester genap ini. Dari sejumlah 51 orang mahasiswa, terdapat 38 alat yang akan dipamerkan dalam acara tersebut. Acara ini berlangsung selama 1 hari dan terbuka untuk umum. Mahasiswa diharapkan selain dapat menjelaskan Alat Tugas Akhirnya kepada dosen penguji, mereka harus dapat menjelaskannya juga kepada masyarakat umum.

Beberapa produk tugas akhir tersebut merupakan gabungan dari beberapa judul yang dikerjakan oleh banyak mahasiswa, agar dalam aplikasinya dapat digunakan secara maksimal, tepat guna, dan sophisticated. Alat-alat yang dimaksud antara lain :

  1. Robot ASR (Automated Storage Retrieval) oleh Mustaqim Alhilal (pembuatan aktuator 3 axis) dan Muhammad Abdur Rosid (pembuatan sistem akses pada robot)
  2. Kursi Roda Automatic oleh Moh. Faridi (Kontrol Motor BLDC), Jufriyanto (Kontrol Kendali Kursi Roda dengan PID), Ahmad Roviqi (Buck Converter untuk Fast Charging), Aji Pamungkas Setiadi (sistem pengereman), Burhanudin Putra Hidayat (monitoring dan proteksi motor BLDC), Achmad Zahriyadi R. (Battery Management System Fast Charging), Moh. Rifqi Mahendra (Boost Converter untuk Charging Station)
  3. Sepeda Listrik oleh Lilik Muji Rahayu (Aplikasi Battery Swap Charging Station), Moh. Raka Mahendra (Smart Charging menggunakan RFID), Ario Bima Derbiansyah (Manajemen Batterai menggunakan IoT), Uswatun Hasanah (Automatic Security System pada sepeda listrik), Maulana Akbar Ihza Asharin (Maximum Power Point Tracking (MPPT) menggunakan PID)
  4. Inverter 3 Fasa oleh Devi Pitriana Nabiyah (pembuatan inverter 3fasa dengan SPWM), Bagus Aji Prasetyo (sistem monitoring)
  5. ATS dan sistem monitoring daya oleh Khofifah Isnaini, dan pembuatan inverter 1 fasa dengan metode SPWM untuk sebuah musholla di Sampang.

Tidak hanya karya tersebut saja yang cukup menarik perhatian pengunjung, namun masih banyak lagi karya individu yang bermanfaat seperti pemberi pakan otomatis, irigasi hidroponik, control greenhouse untuk meningkatkan hasil panen cabai, dan masih banyak lagi.

Ahmad Mustofa, S.Kom., M.Kom., selaku Koordinator TA menyampaikan harapannya untuk mahasiswa yang akan melaksanakan tugas akhir selanjutnya untuk dapat menyempurnakan hasil penelitian dari mahasiswa yang akan lulus tahun ini, serta agar lebih sering melakukan bimbingan, dan melakukan persiapan lebih matang untuk demonstrasi alat.

Salam TLI, KUAT !

Leave a Reply

Your email address will not be published.